Kamis, 13 Oktober 2011

Kami calon psikolog,bukan tukang ramal,bukan tukang tes,bukan pula dukun!

"mba, kuliah dimana?" 
"psikologi mas" 
"wah..tau kepribadian saya dong" 
"sesuatu banget ya mas..zzzz (dalam hati)"
pseudoscience

obrolan semacam itu sering aku temui saat di tempat umum, di kendaraan umum, atau bahkan pada saat kumpul keluarga. entah kenapa pemahaman masyarakat indonesia sejauh ini masih terpaku pada keyakinan bahwa psikolog itu harus tau segalanya, harus bisa menyelesaikan masalah 'kejiwaan' orang lain apalagi masalah kejiwaannya sendiri. hei bung, psikolog juga manusia, begitupun halnya dengan dokter yang bisa sakit dan pasti membutuhkan dokter lain untuk mengobati penyakitnya, itulah kehidupan, kita diciptakan untuk saling membantu, saling berbagi *mendadak serius*

nah...setelah aku pikir lebih dalam dan mungkin agak terlambat karena ini adalah tahun terakhirku di fakultas psikologi. dimana seharunya sejak dulu mengeksplor segala pengetahuan tentang psikologi yang nyata-nyata menarik bagi banyak orang :) . psikologi kepribadian, adalah sala satu cabang ilmu psikologi yang menarik untuk digali. termasuk mata kuliah favoritku juga. di awal-awal tahun dulu banyak fakta atau..hmm, kebenaran yang aku dapet dari mata kuliah yang satu ini. beberapa hal yang membangun kesalahan persepsi di masyarakat salah satunya adalah tentang pseudo science. Pseudo science secara sederhana bisa diartikan sebagai ilmu yang nampaknya rasional dan ilmiah namun pada kenyataannya tidak.dalam sumber lain disebutkan bahwa pseudo science adalah bentuk-bentuk usaha pra-ilmiah dalam psikologi kepribadian. dan usaha-usaha tersebut diantaranya:

  1. chirologi ~ ilmu membaca garis tangan
  2. astrologi ~ ilmu perbintangan
  3. grafologi ~ ilmu tentang tulisan tangan
  4. phisiognomi ~ ilmu tentang wajah
  5. phrenologi ~ ilmu tentang tengkorak
  6. onychologi ~ ilmu tentang kuku
oke..nyebutinnya aja udah susah kan --"

beberapa diantaranya pernah aku pelajari sekilas, salah satunya tentang grafologi. kesan setelah belajar grafologi adalah...wah, kok berasa praktis banget ya tau kepribadian orang lain. mungkin dari sinilah orang-orang tertarik untuk tau. orang indonesia kan suka yang instan..macam mie instan, kopi instan, pemutih wajah juga instan --" no offense ya..hehe ^^v peace.

sumber:
 ingatan saya :D , dan
 Suryabrata, S. 2010. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Press

FYI ~ judul post ini adalah desain kaos yang diproduksi seorang teman  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar